Sabtu, 31 Januari 2015

Cahaya Merambat Lurus

Cahaya digolongkan sebagai gelombang. Gelombang merupakan suatu bentuk energi yang memancar keluar dari suatu sumber. Cahaya termasuk gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang getarannya medan magnet dan medan listrik. Getaran ini merambat tegak lurus terhadap arah perambatan cahaya, sehingga termasuk gelombang transversal. Cahaya matahari dapat merambat melalui ruang hampa, kelajuan gelombang ini adalah 300 juta meter/sekon. 


Cahaya berasal dari sumber cahaya, yang termasuk sumber cahaya meliputi : matahari, lilin, lampu senter, bintang dan lain-lain.

Sebagai gelombang cahaya dapat merambat. Sebagai contoh, ketika kamu menyerotkan senter di tempat gelap tampak olehmu cahaya senter merambat lurus (tidak berbelok).

Oleh karena sifat cahaya merambat lurus, semua benda yang tak tembus cahaya, seperti : pulpen, kertas, buku, pohon, dan lain-lain, selalu membantuk bayangan ketika dikenai cahaya.

Berdasarkan pekat tidaknya bayangan, bayangan dapat dibedakan dua macam, yaitu :
1. Bayangan umbya, yaitu bayangan yang benar-benar gelap dengan kata lain bayangan yang tidak mencapat cahaya sama sekali.
2. Bayangan  penumbra, yaitu bayangan yang tidak terlalu gelap, dengan kata lain bayangan yang masih mendapatkan cahaya.

Selamat belajar !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar